Rabu, 21 September 2011

Mengapa ASI adalah yang terbaik

dikutip dr buku "The baby book" karya William Sears, dkk

ASI adalah istimewa. Tidak ada dua orang ibu yang membuat susu yang sama; tidak ada dua bayi yang membutuhkan susu yang sama. Air susu anda memang terbuat untuk memenuhi kebutuhan bayi anda. Setiap air susu memiliki hal yang dinamakan "kekhususan biologis" , yang berarti bahwa setiap spesies mamalia memformulasikan susu yang unik bagi bayi spesies tersebut, memastikan pertumbuhan, dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Induk anjing laut misalnya, menghasilkan air susu berkadar lemak tinggi karena bayi anjing laut membutuhkan lemak tubuh yang tinggi untuk dapat bertahan hidup di air yang dingin. Apakah organ pertahanan hidup pada bayi manausia? Otak. Air susu manusia mengandung gizi khusus yang membantu pertumbuhan otak.

Terbaik untuk Ibu

Air susu anda tidak saja paling baik untuk bayi, tetapi aktivitas menyusui itu sendiri adalah hal yang sangat baik bagi anda. Akan ada hari-hari maraton saat bayi ingin menyusu sepanjang waktu; anda akan merasa kehabisan persediaan susu, energi, dan kesabaran. Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh salah seorang pasien, "Saya merasa menyusui seperti suatu hal yang sangat melelahkan". Menyusui tidak hanya memberi, memberi, memberi. Nilai baliknya bagi waktu dan usaha yang telah anda lakukan selama menyusui dan efeknya di masa datang benar-benar tidak dapat dihitung.

Salah satu manfaat utama menyusui - yang merupakan tema buku ini - adalah konsep saling memberi : anda memberi sesuatu bagi bayi, bayi pun memberi sesuatu bagi anda. Saat bayi anda menghisap, anda memberi ASI kepada kepada bayi anda. Isapan bayi merangsang saraf pada puting susu anda untuk mengirim pesan ke kelenjar pituitari anda -- yaitu panel kendali utama yang ada pada otak -- untuk mengeluarkan hormon prolaktin, salah satu hormon keibuan. Substansi yang ajaib ini berjalan ke seluruh tubuh ibu untuk memberi tahu hal yang harus dilakukan dan merangsang perasaan keibuannya.

Manfaat kesehatan dalam penyusuan bagi ibu dan bayi

Penyusuan telah melakukan begitu banyak hal, baik bagi bayi, ibu, maupun keluarga. Berikut ini adalah sekilas mengenai manfaat kesehatan terpenting yang ada dalam aktivitas menyusui.
bagi bayi :
* Otak yang lebih cerdas
* Penglihatan yang lebih baik
* jarang mengalami infeksi telinga
* barisan gigi yang lebih baik
* jantung lebih sehat
* jarang mengalami infeksi saluran pernafasan
* proses pencernaan yg membaik
* jarang mengalami infeksi usus
* jarang mengalami sembelit
* tubuh yang lebih ramping
* jarang mengalami diabetes
* kulit yang lebih sehat
* kekebalan tubuh meningkat
* pertumbuhan lebih sehat

bagi ibu yg menyusui :
* sebagai relaksasi
* jarang deprresi
* menyapih anak secara alamiah
* jarang mengalami keropos tulang
* kecil kemungkina mengalami kanker payudara, rahim, indung telur
* dapat menghilangkan berat badan setelah melahirkan dengan cepat

Banyak sekali ulasan mengenai ASI yang dipaparkan oleh Dr. Sears dalam buku tersebut, hal-hal yang lebih detil silahkan dibaca sendiri yaa...^^
kesimpulannya adalah ASI IS THE BEST, jd tidak ada alasan untuk tidak memberi ASI kan?!

Happy breastfeeding..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar